REVIEW SAMBAL KHAS KARMILA

Review sambal khas karmila bandung

Sejak pindah ke bandung, aku jadi rajin makan disini, terutama karena menu sambalnya. Awalnya aku nggak begitu tertarik, sampai suamiku ngajak makan disini, dan suamiku dulu pernah makan di karmila karena diajakin juga sama temannya, hehe… menu yang pertama kali aku coba adalah ayam rempah, menurutku nama menunya menarik sekali, tapi sayang ternyata rasa rempahnya tidak seperti yang aku bayangkan.

Secara pribadi aku membayangkan makanan berempah itu mirip masakan aceh atau india atau arab, jadi sangat terasa bumbu rempahnya. Tapi semua masakan di karmila yang kucoba memiliki rasa yang ringan ciri khas masakan sunda. Ya sudah… ini memang resto sunda. Rempahnya versi sunda juga.

Sambal khas karmila lt. 1 buah batu bandung

Walaupun kecewa pada pandangan pertama (hehe… ) tapi nggak kapok dong… ☺aku masih ingin mencoba banyak menu lain di karmila. Pada jam makan siang dan makan malam, sambal khas karmila ini ramai, sulit buat dapetin tempat duduk di lantai 1 jadi harus olahraga dikit naik tangga ke lantai 2, hehe… tapi nggak usah khawatir, lantai 2 tempatnya lebih luas dan nyaman.

Review sambal khas karmila bandung

Dulu aku sering makan maupun take away atau beli pakai jasa ojek online di karmila sabang. Tapi rupanya disini hampir selalu ramai. Nunggu antriannya ga sabar, euy… jadi setelah dibuka cabang baru di jl. Buah batu, aku segera berubah haluan, soalnya cabang di jl. Buah batu lebih dekat lokasinya dengan rumahku dan aku merasa lebih nyaman disana. Service-nya lebih cepat. Aku lebih sering makan di karmila buah batu ketimbang karmila sabang. Tapi… oh… tapi… sambal disini lebih banyak minyaknya dibanding cabang lain. Butuh banyak tissue buat menyerap minyaknya.

Jadi, setelah ada cabang baru lagi di… mana ya, kalo ga salah jl. Sunda, aku beralih lagi, alasan utamanya sama, lokasi ini lebih dekat lagi dengan rumahku jadi kalo pesan pakai jasa ojek online ongkirnya lebih murah. Dan di karmila cabang jl. Sunda ini sambalnya nggak terlalu berminyak, so, menurutku taste better, aku belum pernah makan di karmila jl. Sunda, jadi penasaran pengen kesana 😀

Sertifikat halal sambal khas karmila

nomor halal majelis ulama indonesia untuk sambal khas karmila

harga makanan disini ga mahal, masih standar, aku paling suka sama sambalnya yang ga terlalu pedas, jadi bisa makan beberapa sambal sekaligus, kecuali sambal merah domba membara ya… itu pedas banget 🙂 di karmila ada 12 jenis sambal, ada juga menu pelengkap dan sayuran khas sunda seperti sayur lodeh dan sayur asem. Lalapan selalu ada pastinya, gratis.

menu favoritku ayam goreng penyet sambal hejo, sedangkan anakku suka sama ayam goreng mozarella, suamiku sukanya ayam bakar rempah. Untuk menu sambal, aku suka sambal bawang rahasia, sambal bawang dengan jeruk nipis, sambal hejo, sambal teri dan rica rica. anakku suka sama sambal karmila juara dunia dan sambal mangga yang the best, nama menunya memang lucu-lucu.

Salah satu faktor utama yang aku suka di karmila adalah kebersihannya, fasilitas pun lengkap, ruang AC, tv, toilet, mushalla dan alat shalat. tempatnya cukup luas dan nyaman, trus berasa banget nuansa indonesia karena banyak foto dan ornamen berciri khas negeri yang memberikan perasaan tertentu saat melihatnya, teringat suasana pedesaan gitu. dan kalo udah makan disini tenang karena manajemennya rapi, ga kuatir salah menu, pelayannya cukup ramah, kalo kita mau pesan apa aja, mereka udah ready, disini ga ada meja kotor atau kekurangan tissue. kalo udah ke sambal khas karmila rasanya tenang, mau ngapa-ngapain gampang, rasanya kayak di rumah sendiri 🙂

Secara pribadi, yang aku kurang suka dari karmila adalah menu bersantan, aku mengikuti diet golongan darah yang membatasi makanan jenis tertentu, salah satunya santan. trus sambalnya terlalu berminyak, aku akan lebih senang kalo minyaknya dikurangi, kadang sambal bawang rahasianya asin. Akan lebih baik jika menunya konsisten.

Sambal khas karmila nggak menyediakan jasa antar makanan, aku pernah nanya, untuk jasa antar hanya disediakan untuk partai besar.

Semoga review-nya bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s